ASEAN


1. Pengertian ASEAN

Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Negara-negara anggota ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November.

2. Sejarah ASEAN

  ASEAN didirikan oleh lima negara pemrakarsa, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand di Bangkok melalui Deklarasi Bangkok. Menteri luar negeri penanda tangan Deklarasi Bangkok kala itu ialah Adam Malik (Indonesia), Narsisco Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand).

3. Anggota ASEAN

žFilipina (negara pendiri)
žIndonesia (negara pendiri)
žMalaysia (negara pendiri)
žSingapura (negara pendiri)
žThailand (negara pendiri)
žBrunei Darussalam (7 Januari 1984)
žVietnam (28 Juli 1995)
žLaos (23 Juli 1997)
žMyanmar (23 Juli 1997)
žKamboja (16 Desember 1998)
ž
4. Tujuan ASEAN
a. žMempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan kebudayaan melalui usaha-usaha bersama berdasarkan semangat kebersamaan dan hidup damai di kalangan bangsa di Asia Tenggara.
žb. Memajukan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan saling menghormati keadilan tata tertib hukum dalam hubungan antar negara di Asia Tenggara.
žc. Meningkatkan kerjasama secara aktif dan saling membantu dalam hal-hal yang menjadi kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, kebudayaan, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.
žd. Memberikan bantuan satu sama lain dalam fasilitas-fasilitas latihan dan penelitian di sektor-sektor pendidikan, profesi, teknik, dan administrasi.
že. Bekerja sama secara efektif dalam memanfaatkan potensi pertanian dan industri, perluasan perdagangan, perbaikan fasilitas-fasilitas komunikasi.
5. Manfaat ASEAN Bagi Indonesia
a. žTerjaminnya integritas wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
žb. Berkurangnya potensi ancaman dan kejahatan lintas negara, baik dalam bentuk tradisional maupun nontradisional.
žc. Terciptanya situasi kawasan yang lebih kondusif bagi Indonesia untuk mengonsentrasikan sumber dayanya guna peningkatan pembangunan nasional.
žd. Terciptanya penguatan kapasitas ekonomi Indonesia dalam berintegrasi ke ekonomi global.
že. Terciptanya peningkatan kesadaran dan penghormatan masyarakat di kawasan akan keanekaragaman budaya, kearifan lokal, dan warisan Indonesia.
žf. Terciptanya peningkatan kerja sama di berbagai bidang sosial, antara lain, pengelolaan lingkungan hidup, pendidikan, IPTEK dll.
žg. Terpusatnya kegiatan ASEAN di Indonesia seiring dengan peningkatan fungsi kelembagaan Sekretariat ASEAN dan pembentukan Perutusan Tetap Negara-Negara Anggota ASEAN di Jakarta.
6. Lain-Lain Mengenai ASEAN

ža. Sekretariat                 : Jakarta, Indonesia
žb. Sekretaris Jenderal: Thailand
žc. Ketua KTT ASEAN   : Kamboja
žd. ASEAN+3                   : Anggota ASEAN +        Jepang, RRC, Korsel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s