Pidato


Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tentang cara membuat teks pidato berbahasa Indonesia. yang akan saya berikan adalah pidato secara umum, tetapi menggambil contoh dari Pidato yang BerJudul “Cara Menyikapi Dampak Negatif Internet”. Pidato ini diambil dari hasil Karya Ilmiah yang telah saya berikan sebelumnya. Strukturnya sbb:

1. Salam Pembuka

Salam Pembuka bisa menggunakan Assalamu’alaikum Wr. Wb, Selamat Pagi/Siang/Sore dsb.

2. Penghormatan

Contoh Penghormatan sbb: ……………………….. selaku …………………..………………. yang kami hormati, dan teman-teman yang berbahagia.

3. Puji Syukur

Contohnya sbb: Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan yang sehat tak kurang suatu apapun.

4. Latar Belakang

Contoh: Sumber belajar siswa sekarang telah bertambah, yaitu internet. Internet menyediakan berbagai macam informasi, selain sumber informasi internet juga sumber hiburan. Selain memiliki banyak manfaat internet juga memiliki banyak dampak negatif diantaranya adalah dapat menyebabkan kecanduan, malas belajar dsb.

5. Tujuan Pidato

Contohnya: Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan nyampaikan tentang cara menyikapi dampak-dampak negatif  internet. Sehinngga diharapkan siswa dapat menyikapi dampak-dampak negatif internet dengan tepat.

6. Isi Pidato

Pada pembahasan Karya Ilmiah pembaca membuat sendiri bagian Pembahasanya maka pada Isi pidato ini saya tidak memberikan contoh. Jika pembaca telah membuat Karya Ilmiah tersebut maka saya harap dapat membuat isi pidato ini.

7. Kesimpulan dan Harapan

Contoh : Jadi, walaupun internet memiliki banyak dampak negatif, tetapi jika kita tidak menyalahgunakannya dampak negatif internet tidak akan kita rasakan. Maka dari itu marilah kita gunakan fasilitas yang ada dalam internet untuk hal-hal yang baik, agar kita tidak merasakan dampak negatif internet.

8. Penutup

Contoh dari Penutup adalah: Demikian yang dapat kami sampaikan, jika ada kata-kata yang kurang berkenan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas perhatiannya.

9. Salam Penutup

Salam Penutup bisa menggunakan Wassalamu’alaikum Wr. Wb. atau Selamat Pagi/Siang/Sore.

Sebaiknya setiap pergantian bagian diberikan sapaan, Contoh sapaan seperti: Hadirin Yang Berbahagia, dsb:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s