Ringkasan Materi TIK


A. Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras (hardware) diartikan peralatan yang secara fisik dapat dilihat dan dipegang. Hardware utama pada komputer standar antara lain: CPU, Monitor, Keyboard, mouse, dan printer. Hardware terdiri dari 4 kelompok yaitu: perangkat masukan (input devices) perangkat pengolah data (processing), perangkat penyimpanan (storage) dan perangkat pengeluaran/hasil (output devices). Penjelasan dari kelompok hardware:

1. Perangkat Masukan

Perangkat masukan adalah perangkat yang digunakan untuk memberikan perintah atau memasukan data tertentu kedalam sistem tertentu (komputer) agar dapat bekerja sesuai keinginan pengguna. Perangkat masukan dalam komputer standar antara lain:

a. keyboard (memberikan perintah / memasukkan data ke komputer dengan cara diketik

b. mouse (membantu pekerjaan yang bersifat grafis (gambar), karena kalau menggunakan keyboard sulit. Semakin berkembang zaman mouse semakin modern.

c. scanner (mamasukkan data, khususnya gambar, cara kerjanya sama dengan fotocopy)

d. joystik (biasanya untuk games)

2. Perangkat Pengolah Data

Perintah dan data yang dimasukkan (di-input) melalui alat masukkan akan diolah dan diproses pada Unit Pengolah Data atau CPU (Central Processing Unit) atau Processor. CPU adalah kotak yang berisi komponen elektronik sebagai unit pusat pengolah data. CPU berisi:

a. Mother board adalah komponen utama atau otak dari keseluruhan sistem komputer yang terpasang di papan PCB (Pronter Circuit Board). Fungsinya adalah memproses data yang sudah di-input untuk memberikan hasil keluaran (output)

b. Processor adalah komponen penting yang melekat pada mother board. Fungsinya adalah mengkoordinasikan seluruh sistem perangkat dan komponen komputer untuk memproses data dan perintah dengan cara bekerjasama secara otomatis, dilakukan dengan waktu yang sama (bersamaan). Memproses, menyimpan, mengeluarkan hasil dalam bentuk tampilan di layar monitor atau perangkat keluaran.

c. RAM (Random Acces Memory), data yang disimpan RAM bersifat sementara, yaitu akan hilang jika komputer mati.

d. VGA (Video Graphics Adapter) Card berfungsi mengubah data dari processor dan RAM untuk ditampilkan di layar monitor.

e. Sound Card fungsinya adalah mengubah data hasil masukan menjadi keluaran berupa suara

f. Power Supply merupakan benda yang menyediakan kebutuhan sumber tenaga.

 

3. Perangkat Penyimpanan Data.

Setelah data diproses dan diolah, bentuk keluarannya tersimpan. Data tersebut sifatnya non-volatile / tidak hilang saat aliran listrik padam. Data tersebut disimpan secara magnetik, optik dan elektronik.

a. Peringatan Penyimpanan Data Secara Magnetik

terbuat dari bahan elektromagnetik dan proses penyimpanan dengan cara memagtisasi media tsb. Perangkat penyimpanan, diantaranya : disket (floppydisk) dan hardisk. Alat yang dipakai untuk penyimpanan dengan disket: diskdrive atau floppy diskdrive. Alat yang dipakai untuk penyimpanan dengan hardisk: hardrivenya menyatu dengan medianya.

Disket umum yang digunakan memiliki ukuran 3,5 inti dengan besar kapasitas penyimpanan data maksimal 1,4 mb (1 mb = 1 juta byte). Hardisk : lebih besar dari disket. Saat ini perangkat komputer harus memiliki hardisk untuk beroperasi. Selain untuk menyimpan data, juga untuk menyimpan sistem operasi seperti windows. Rata-rata = 40 Gb (1 Gigabyte = 1000.000.000 byte)

b. Perangkat Penyimpanan Data secara OPTIK

terbuat dari kaca (optik) yang dapat dilalui sinar. Proses penyimpanan dengan cara mengurangi cahaya putih dalam spektrum warna dan kemudian disimpan dalam media tsb. Perangkat penyimpanan data secara optik : CD-R (Read), CD-R/W (Read/Write). Perbedaannya CD-R tidak dapat dibaca dan data yang didalamnya tidak dapat dihapus, sedangkan CD-R/W dapat dibaca, dapat dihapus dan ditulis ulang. Alat untuk menyimpan ke dalam CD-R/W dan DVD-R/W disebut CD-R/W drive dan DVD-R/W drive.

c. Perangkat Penyimpanan Data secara elektronik

Proses penyimpanan seperti RAM, yaitu berupa pulsa yang tersimpan dalam mikroprocessor. Perbedaan dengan RAM yakni datanya Non- Volalite. Perangkat penyimpanan elektiktronik= memori cord / memori stick yang biasa digunakan di hp. Camdig dll, flasdisk.

 

4. Perangkat Pengeluaran (Output Diveces)

a. monitor (display monitor) bersifat sementara karena terpaku dengan CPU + catu daya listrik. Teknologi yang umum adalah CRT (cathode Ray Tube), dan yang terbaru ialah LCD (Liquid crystal display) namun LCD mahal.

Pembagian jenis monitor berdasarkan ketajaman gambar / tulisan.

1) CGA (Color Graphics Adapter) resolusi paling rendah, maksimal 24 warna

2) EGA (Enhanced Graphics Adapter) lebih baik kualitasnya, maksimal 64 warna

3) VGA (Video Graphics Array) resolusi sama dengan EGA (800 × 600). 128-256 warna.

4) SVGA (Super Video Graphics Array) sangat bagus, resolusi tinggi, 65.536 warna

b. aktif Speaker

c. Printer

1) Printer Dot Matrix. Dengan ketikan jarum yang memukul tinta. Tidak dapat mencetak warna

2) Printer ink jet. Bisa warna. Menyemprotkan tinta cair

3) Printer Bubble Jet. Kwalitas diatas ink jet

4) Printer laser jet. Cara kerja seperti fotocopy. Memakai tinta kering,

 

B. Perangkat Lunak Komputer

Atau yang sering disebut software adalah progam komputer yang digunakan untuk memberikan perintah kepada perangkat keras agar dapat bekerja sesuai dengan keinginan pemakai. Software ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti komputer.

1. Klasifikasi

a. Operating system. Fungsinya mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga dapat berkomunikasi. Contohnya: windows, linux, DOS, Novell.

b. Perangkat Lunak Aplikasi adalah progam yang digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan tertentu. Contohnya: mengolah kata, angka, grafik, suara. contoh dari pengolah kata, angka dan database adalah Ms. Word, Ms. Exel, Ms. Acces (database), Ms. Power Point. Sedangkan multimedia contohnya: winamp, windows media player. Dan contoh dari internet adalah internet explorer, dll.

c. Program Utility, fungsinya untuk mengisi kelemahan OS. Contohnya memeriksa disket yang rusak, mengatur ulang hardisk, virus. Program Utility antara lain: Norton Utility, Scandisk dll.

d. Compiler (bahasa Pemograman) adalah program yang digunakan untuk membuat OS, Aplikasi dll. Compiler yang ada saat ini: Visual Basic, Borland Delphi, dan Visual Foxpro. Bahasa pemrograman dibagi 3 tingkatan, yaitu: low level language (sulit dimengerti), middle level language (menengah, sedikit sulit karena banyak singkata), High level language (tinggi. Bahasa sehari hari)

2. Perangkat lunak aplikasi dan kegunaannya

a. Pengolah kata (word Processor) berupa pena, kertas, penghapus. Contoh Ms. Word dapat digunakan untuk membuat undangan.

b. Pengolah angka (spread sheet) contohnya Ms. Exel (Workbook)

c. Pengolah Gambar. Digunakan untuk mendesain gambar, contohnya poster

d. Aplikasi multimedia. Aplikasi ini dibedapan mendadi 2. Yaitu aplikasi yang hanya untuk menampilkan saja (misal winamp) dan aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengedit (cakewalk, untuk membuat suara suara dari instrumen midi, merekam suara dari micropon, mengedit suara (memotong menambah dll.)).

Format format multimedia, ada MIDI (Musical Instrument Digital Interface), format suara menghasilkan suara musik elektrik, suara yang dihasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memiliki synohesizer (penghasil suara elektrik), ada juga MP3, dapat merekam seluruh suara, termasuk penyanyi, kalau MIDI hanya instrumennya saja. Ada juga AVI (Audio Video Interleave) dibuat oleh Microsof dan Mudah dipindahkan. Serta ada Quicktime dapat menyaingi AVI karena tingkat komperhensifnya lebih baik.

e. Aplikasi Internet, ada Browser, e-mail, IRC.

 

C. Ms. Word

Merupakan program pengolahan kata yang paling populer. Ms. Word memiliki beberapa keunggulan:

  1. Fasilitas-fasilitas yang disediakan
  2. Kemudahan dalam penggunaan
  3. Hasil yang diperoleh
  4. Tampilan yang menarik

Langkah untuk memulai Ms. Word:

  1. Nyalakan Komputer, tunggu sampai desktop siap.
  2. Klik start
  3. Pilih dan klik program → Microsoft Office → Microsoft Office Word 2003
  4. Tunggu sampai muncul area kerja Ms. Word

Atau yang lebih cepat adalah klik 2kali shortcut Ms. Word pada desktop.

 

D. Ms. Exel

Merupakan program aplikasi spreadsheet yang bekerja di bawah sistem operasi windows. dalam Ms. Exel file disebut workbook, file workbook disimpan dengan ekstensi (.xls). workbook terdiri dari beberapa worksheet (halaman). Langkah untuk memulai Ms. Exel:

  1. Nyalakan Komputer, tunggu sampai desktop siap.
  2. Klik start
  3. Pilih dan klik program → Microsoft Office → Microsoft Office Exel 2003
  4. Tunggu sampai muncul area kerja Ms. Exel

Atau yang lebih cepat adalah klik 2kali shortcut Ms. Exel pada desktop.

Tampilan Ms. Exel

Title Bar, memuat judul file (workbook) dan control menu

Menu Bar/ menu pad

  1. Menu File, untuk pengerjaan yang berhubungan dengan workbook/worksheet, contoh membuka, menutup, menyimpan, mencetak lembar kerja.
  2. Menu Edit, mengubah bentuk tampilan input pada sel /worksheet yang ada, contoh menambah, memperbaiki, menghapus isi sel.
  3. Menu View, untuk melihat dan mengelola berbagai toolbar dan tampilan Ms. Exel.
  4. Menu Insert, untuk membantu proses pengolahan data dengan berbagai proses penyisipan, contoh penyisipan kolom, baris, objek
  5. Menu format, untuk melakukan pengubahan bentuk tampilan sel, range sel, grafik atau objek atau mengedit data yang sudah dimasukkan.
  6. Menu Tools, menyediakan alat bantu (tool) untuk mengolah Ms. Exel lebih lanjut.
  7. Menu Data, mengelola sekelompok data/database yang ada pada worksheet. Untuk menangani database
  8. Menu Window, mengatur tampilan berbagai workbook yang ditampilkan
  9. Menu Help, untuk memberi bantuan tentanf suatu hal yang kurang dimengerti pada Ms. Exel.

ToolBar, Ada toolbar standard, ada toolbar formating

Formula Bar, menunjukkan isi sel/formula (rumus)

Status Bar, menunjukkan status dari sebuah sel

Scroll Bar, menggeser lembar kerja yang tidak tampak agar ditampilkan. Jika ingin menggeser kekiri/kanan menggunakan scroll bar horisontal, sedangkan untuk menggeser keatas/bawah menggunakan scroll bar certikal.

Worksheet (lembar kerja) merupakan bagian dari workbook, terdiri dari sel (256 kolom dan 65.536 baris). Setiap pertemuan baris dan kolom disebut sel.

Tab Worksheet (255 worksheet), adalah lajur/ baris yang menunjukkan lembar kerja yang aktif.

Formula

1. Operasi Hitung, tanda kali (×) diganti menjadi tanda bintang (*) sedangkan tanda bagi (:) diganti menjadi tanda garing (/)

2. Formula, selalu diawali dengan tanda sama dengan (=)

a. text

1)      CONCATENATE (text 1, text 2, …), untuk menggabungkan beberapa text. Misalnya text 1 pada sel A1 adalah Agi dan text 2 pada sel B1 adalah sta. perintahnya adalah =CONCATENATE(“Agi”,”sta”) Atau =CONCATENATE(A1,B1) akan menjadi Agista.

2)      LEFT (text, num_chars), untuk mengambil sejumlah karakter dari suatu text, dimulai dari kiri. Misalnya pada sel A1 tertulis Agista dengan perintah =LEFT(A1,4) atau =LEFT(“Agista”,4) akan menghasilkan Agis

3)      RIGHT (Text, num_chars), sama seperti LEFT tetapi dimulai dari kanan. Misalnya pada sel A1 tertulis Agista dengan perintah =RIGHT(A1,4) atau =RIGHT(“Agista”,4) akan menghasilkan ista.

4)      LEN (text), untuk menghitung jumlah karakter dari suatu text. Misalnya pada sel A1 tertulis Agista dengan perintah =LEN(A1) atau =LEN(“Agista”) akan menghasilkan 6

5)      LOWER (text), untuk mengubah penulisan menjadi huruf kecil (lowercase), Misalnya pada sel A1 tertulis AGISTA dengan perintah =LOWER(A1) atau =LOWER(“AGISTA”) akan menghasilkan agista

6)      UPPER (text), untuk mengubah penulisan menjadi huruf kapital (UPPERCASE). Misalnya pada sel A1 tertulis agista dengan perintah =UPPER(A1) atau =UPPER(“agista”) akan menghasilkan AGISTA

7)      MID (text, start_num, num_chars), untuk mengambil sejumlah karakter dari huruf ke-n dari suatu text. Misalnya pada sel A1 tertulis Agista dengan perintah =MID(A1,2,5) atau =MID(“Agista”,2,5) akan menghasilkan gista

 

b. Date and time

date (year, month, day), untuk menuliskan data tanggal. Misalnya akan menulis 14 Agustus 1997. Menggunakan perintah =DATE(1997,8,14). Sedangkan time (hour, minute, second), untuk menuliskan data waktu. Misalnya akan menulis jam 17 lebih 18 menit 19 detik, dengan perintah =TIME(17,18,19)

 

c. Statistical

1)      Average (number 1, number 2, …), untuk mencari rata-rata. Misalnya rata-rata dari 5 di sel A1, 10 disel B1 dan 15 disel C1 dengan perintah =AVERAGE(5,10,15) atau =AVERAGE(A1,B1,C1) akan menghasilkan 10

2)      MAX (number 1, number 2, …), untuk mencari data tertinggi. Misalnya mencari nilai tertinggi dari 5 di sel A1, 10 disel B1 dan 15 disel C1 dengan perintah =MAX(5,10,15) atau =MAX(A1,B1,C1) akan menghasilkan 15

3)      MIN (number 1, number 2, …), untuk mencari nilai terendah. Misalnya mencari nilai terendah dari 5 di sel A1, 10 disel B1 dan 15 disel C1 dengan perintah =MIN(5,10,15) atau =MIN(A1,B1,C1) akan menghasilkan 5

 

d. Lookup

1)      HLOOKUP (lookup_value, table_array, row_index_num) untuk mencari suatu nilai dari tabel pencarian pada baris yang telah ditentukan dengan pencarian mendatar (horisontal). Lookup_value adalah nilai yang dicari, table_array adalah area data pada tabel pencarian, sedangkan row_index_num adalah nomor index baris pencarian dari tabel pencarian.

2)      VLOOKUP (lookup_value, table_array, col_index_num), untuk mencari suatu nilai dari suatu tabel pencarian pada baris yang telah ditentukan dengan pencarian menurun (Vertikal). Col_index_num adalah nomor index pencarian dari tabel pencarian.

 

e. Logical.

IF(logical_text, value_if_true, value_if_false) untuk menguji isi sel, apakah sel berisi nilai yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Logical_text adalah alamat sel yang akan diuji beserta kondisi yang telah ditentukan. Value_if_true adalah nilai yang diberikan jika sel yang diuji memenuhi kriteria, sedangakn value_if_false adalah nilai yang diberikan jika sel yang diuji tidak memenuhi kroteria. Misalnya menguji sel A1, jika nilainya lebih dari atau sama dengan 60 maka sel A2 dituliskan LULUS, jika kurang dari 60 maka TIDAK LULUS, perintah yang tepat adalah =IF(A1>=60,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)

 

Ringkasan Ini dibuat oleh Hanifah Luthfiana Sari dan Windi Mahendra Putri mereka berdua baru saja melalui UN SMP 2013 tolong berikan Doa’ kepada mereka supaya mereka mendapat nilai terbaik/memuaskan dalam UN kali ini dan dapat melanjutkan ke Sekolah yang mereka Inginkan. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s